Update Kesalahan kecil yang sering terjadi pada pengisian LJK

Sekedar mengingatkan teman teman dan adik adik yang akan menjalani ujian menggunakan Lembar Jawab Komputer (LJK), penulis yang pengalaman sebagai pengawas, pemantau maupun yang menscan LJK. Banyak kesalahan kecil yang berakibat fatal terhadap nilai atau hasil kelulusan.

Sangat sayang sekali jika usaha maksimal untuk kelulusan gagal karena kesalahan kecil. Kesalahan kecil yang sering dilakukan peserta ujian yang mengunakan ljk adalah:
1. Identitas peserta tidak terisi/kurang lengkap. Kesalahan ini biasanya terjadi saat peserta terburu buru mengerjakan soal, berpikir untuk identitas bisa di isi di sela sela kegiatan mengisi soal. Pada kenyataannya sering kali kemudian pengisian identitas yang tidak sempurna membuat usaha kita sia sia. Memang setiap penyelengara tes akan mempunyai kebijaksanaan yang berbeda beda dalam mensikapi ljk yang kurang lengkap pengisian identitas. Jika peserta tes masih seputar seribu maka biasanya teknisi scan atau panitia akan berusaha mengisikan identitas pada ljk tersebut tetapi jika peserta mencapai ribuan maka ketidak adanya identitas akan dianggap ketidak mampuan peserta untuk mengerjakan ujian.

2. Kode soal/mapel/ujian. Kesalahan kecil ini sering kali juga terjadi. Dan efecknya sangat fatal. Bayangkan anda mengerjakan soal matematika tetapi karena kode soal salah maka kunci yang terapkan juga salah. Sehingga nilai nya kemungkinan akan hancur. Bisa juga kasusnya seperti ini, pekerjaan yang di pilih adalah pranata komputer tetapi salah mencentang pada fungsional dokter bisa berefeck pada standar nilai yang diharapkan. Jika pengolahan nilai mengunakan aplikasi komputer hasil akan di tolak.

3. Mencentrang kurang jelas. Banyak peserta yang menganggap remeh penggunaan pensil 2b. Padahal dalam proses scaning akan menjadi masalah. Kadang peserta walaupun sudah menggunakan pensil 2b tapi dalam proses menyilang atau menghitamkan kurang hitam maka hasil scan juga tidak maksimal.

Kesalahan kesalahan kecil yang sering terjadi seperti di atas sekali penulis temukan dalam proses scaning yang penulis lakukan baik untuk tes yang diadakan LPMP maupun dalam tes CPNS di provinsi Jawa Tengah.

Usahakanlah dalam mengerjakan ujian dengan menggunakan LJK usahakan dalam mengisi LJK perhatikan betul dalam mengisi identitas baik berupa nama, nomer tes dan identitas lainnya. Juga diusahakan dalam mengisi kode soal, kode mapel atau kode lainnya dengan betul. Pengisian jawaban diperhatikan betul apakah sudah cukup hitam atau belum. Usahakan tebal.

Bagi bapak ibu pengawas, sering seringlah ngecek jawaban peserta ujian pastikan pengisian LJK sudah betul.

 

208 thoughts on “Update Kesalahan kecil yang sering terjadi pada pengisian LJK

  1. Pak mau nanya anak sy kemarin ikut un tapi tanggal lahir di kartu ujian 2 januari tapi yg sebenarnya 12 januari sy sdh lapor kepihak sekolah dan disarankan kalau ngisi di ljk ngikut tgl 12 januari.apa itu tdk berbahaya..terima kasih

  2. kak, kemarin ketika UN, teman saya lupa mengechek kembali LJK nya di kolom nama sudah keisi semua atau belum (cuman dugaan) tetapi no peserta dan tanggal lahir sudah keisi semua..misalkan memang benar ada huruf yang gak keisi apa jadi masalah yang cukup berarti ? Mohon segera dijawab teman saya jadi cemas dan takut

    1. Kalo masih ujian sekolah masih bisa terkendali, artinya kalo ada yang belum ke isi terdeteksi dan sudah di antisipadi. Jadi tenang saja..

          1. Berarti nilai saya masih aman kan, Pak? Saya juga mau Tanya area jawa tengah UN dikoreksi oleh siapa, Pak ?

  3. assalamualaikum wr.wb. pak saya mau nanyak pas saya ujian un plajaran ipa tiba2 pada akhir waktu pengumpulan saya melihat ada sedikit garis lipatan sedikit mengenai skunk mark mungkin karena tertekan papan ujian setelah saya tanya pengawas itu tidak apa apa, kalo menurut bapak ljk un saya eror atau tidak karena sampai sekarang saya kepikiran pak “mohon tanggapannya “

  4. min tadi saya lupa tulis kode soal sbmptn tp sama panitia udah ditulis diberita acara itu gmn ya? bakal mempengaruhi nilai sama kelulusan gak?

      1. Kalau misalkan salah mbuletin kurikulum gimana? Misalkan saya ktsp2006 tpi saya malah mbuletin kurikulum 2013, kalau misalkan udh terlanjur cara mengatasinya gimana msalahny udh 3 mapel yg slah

  5. Kak mau tanya kalau di pengisian nama di LJK ditulis pake pulpen tp bunderin nya pake pensil 2B kedeteksi gak ya?

      1. mohon bantuan nya, nama saya fajri fauziyah amalia sukma. di kartu sbm utk ljk : Fajri fauziyah AS bgmn penulisan yg betul untuk AS? di spasi atau gabung? tq

      2. pak saya mau tanya, waktu ikut simak UI tanda tangan saya kurang satu. waktu itu saya sangat terburu-buru sehingga lupa kalau ada 2 tanda tangan. itu berpengaruh tidak dalam penilaian? apa dampaknya sangat fatal? saya takut tidak lulus hanya krn kurang tanda tangan.. mohon dibalas ya pak

  6. kak mau tanya nama aku fajri fauziah amalia sukma, dan di kartu sbm untuk Ljk : Fajri Fauziyah AS
    penulisan yang betul untuk AS itu di spasi atau di gabung?tq

  7. mohon bantuan nya, nama saya fajri fauziyah amalia sukma. di kartu sbm utk ljk : Fajri fauziyah AS bgmn penulisan yg betul untuk AS? di spasi atau gabung? tq

  8. pak mau tanya, kemarin saya ikut tes SBMPTN tapi saya lupa mengisi dan menghitamkan kode soalnya. gimana itu pak, apakah masih bisa diperbaiki? dimana kira2 saya bisa mengadu?

  9. Kalau misalkan salah mbuletin kurikulum gimana? Misalkan saya ktsp2006 tpi saya malah mbuletin kurikulum 2013, kalau misalkan udh terlanjur cara mengatasinya gimana msalahny udh 3 mapel yg slah

  10. pak saya mau tanya, waktu ikut simak UI tanda tangan saya kurang satu. waktu itu saya sangat terburu-buru sehingga lupa kalau ada 2 tanda tangan. itu berpengaruh tidak dalam penilaian? apa dampaknya sangat fatal? saya takut tidak lulus hanya krn kurang tanda tangan.. mohon dibalas ya pak

    1. pak saya mau tanya, waktu ikut simak UI tanda tangan saya kurang satu. waktu itu saya sangat terburu-buru sehingga lupa kalau ada 2 tanda tangan. itu berpengaruh tidak dalam penilaian? apa dampaknya sangat fatal? saya takut tidak lulus hanya krn kurang tanda tangan.. mohon dibalas ya pak

  11. Kak, kalau waktu un kemarin nama saya kan panjang lalu yang saya singkat nama depan nya. apakah tetap bisa keluar hasilnya? kode peserta dan tanggal lahir sih sudah benar

    1. pak saya mau tanya, waktu ikut simak UI tanda tangan saya kurang satu. waktu itu saya sangat terburu-buru sehingga lupa kalau ada 2 tanda tangan. itu berpengaruh tidak dalam penilaian? apa dampaknya sangat fatal? saya takut tidak lulus hanya krn kurang tanda tangan.. mohon dibalas ya pak

      1. pak saya mau tanya, waktu ikut simak UI tanda tangan saya kurang satu. waktu itu saya sangat terburu-buru sehingga lupa kalau ada 2 tanda tangan. itu berpengaruh tidak dalam penilaian? apa dampaknya sangat fatal? saya takut tidak lulus hanya krn kurang tanda tangan.. mohon dibalas ya pak

        1. pak saya mau tanya, waktu ikut simak UI tanda tangan saya kurang satu. waktu itu saya sangat terburu-buru sehingga lupa kalau ada 2 tanda tangan. itu berpengaruh tidak dalam penilaian? apa dampaknya sangat fatal? saya takut tidak lulus hanya krn kurang tanda tangan.. mohon dibalas ya pak

  12. Pak… mau tanya gmn klo ada salah satu no. Yg tidak terisi, apakah no. Setelahnya juga tidak terbaca atau gmn? Mohon jawabannya.. makasih

  13. Pak, saya mau tanya, tadi saya lupa mengisi nama terang setelah tanda tangan di LJK, apa itu fatal Pak ? Mohon dijawab Pak, terimakasih.

  14. Pak, saya mau tanya.. saat SBMPTN saya salah mengisi nama (Harusnya : LEONALDO LUKITO N tapi saya menulisnya LEONALDO LUKITO N.) apakah hal itu bisa membuat lembar saya tidak terbaca? terimakasih sebelumnya..

  15. Pak,mf mau ty sy bru sj mengikuti ujian semester ut utk pertama kali. Saat menyalin kalimat pernyataan ada tulisan saya g salah,kemudian sy coret2 krn panik. Kr2 mempengaruhi dlm pengoreksian dan nilai sy tdk?mohon dibals tmksh

    1. pak mau nnyak, td saya ikut ujian naah dsana trnyata peraturannya disilang
      Tp saya uda trlanjut hitamkan nama dan no ujian saya sisanya saya silang paak .
      Itu gmna ya pak?

  16. Pak,mf mau ty sy bru sj mengikuti ujian semester ut utk pertama kali. Saat menyalin kalimat pernyataan ada tulisan saya yg salah,kemudian sy coret2 krn panik. Kr2 mempengaruhi dlm pengoreksian dan nilai sy tdk?mohon dibals tmksh

  17. Pak td saya ikut ujian kerja .
    Naah pada saat pengisian data dan no ujian saya hitamkan .
    Tp jwbn dan sisa lainnya saya silang pak .
    Saya mnyadari peraturannya dsilang di detik2 trakhir sehingga tdk bisa mnghpus yg sudah saya hitamkan pak .
    Itu gmna ya pak?

  18. permisi saya mau tanya apakah tulisan tangan di ljk mempengaruhi saat waktu scanner? apa scanner hanya bisa membaca buletan saja?

  19. Oh iya saya mau nanya, kalo saya salah nulis bukannya tanggal lahir, malah tanggal ujian di LJK apakah berakibat FATAL dan memengaruhi nilai?

    (Tolong jawab soalnya saat UAS kemarin saya salah nulis tanggal lahir yang saya tulis malah tanggal ujian, tolong Semua TEMEN TEMEN yang bisa jawab tolong jawab.)

  20. Assalamu’alaikum pak saya mau tanya.

    1. Pada ljk utul ugm dan spmb unsoed pada kolom nama peserta disitu kan sebelum bulatan huruf a terdapat bulatan kosong. Apakah itu digunakan utk menghitamkan ketika ada spasi pada nama?

    Yg benar bulatan kosong tsb di hitamkan atau tidak?
    (krn wkt saya utul ugm di suruh menghitamkan juga, pengawas tdk menginfokan sebelumnya. Spmb unsoed malah di larang menghitamkan, pengawas juga tdk menginfokan sebelumnya)

    2. Ketika mendapatkan 2 ljk semua identitas pada ljk tdk bileh ada yg berbeda? Jika ada maka akan berakibat fatal?

    3. Pada kolom “salinlah pernyataan ini!” apakah kalimat tersebut juga di salin?

    Mohon jawabannya pak. Terimakasih

    1. 1. manut sama pengawas saja
      2. Beda kalo sama benarnya tidak masalah
      3. harus di salin, tapi seharusnya pengawas juga mengingatkan jika belumm teisi

  21. 1. Memang sblmnya pengawas tdk menginfokan pak. Jadi lebih baik saya bertanya dulu pada pengawas ya?
    Krn ada pengawas yg malah ketika diberi pertanyaan seakan meremehkan pertanyaan saya pak 🙁

    2. Mksd keduanya benar itu seperti apa pak?

    Jika pada ljk pertama saya bulatkan kolom spasi dan pada ljk kedua tdk saya hitamkan. Apa akibatnya?

    3. Yg saya maksudkan bukan isi dari pernyataan itu pak. Kalo itu jelas harus disalin kan. Nah yang saya tanyakan disini, saya tujukan pada judul kolom nya yg bertuliskan “Salinlah pernyataan ini!” kalimat tersebut apakah harus di tulis ulang “Salinlah pernyataan ini! Bla bla bla”?

    Atau langsung saja menulis ulang isi dari pernyataan tsb?

    Mohon penjelasannya pak. Agar saya tdk mengulangi kesalahan lagi. Terimakasih

  22. assalamualaikum wr wb n selamat malam.. sebelumnya minta maaf kak menganggu .. dan kak saya mau numpang nanya tentang ljk ini.. kalau misalx kiat mengisi lembaran ljk sedkit keluar dari lingkaran yang di hitamkan apakah hasil nya akan eror juga

  23. maaf kak nmpang tanya klau misalkan dibawah nomer ad garis pensil tpi dinmer itu dah dilingkarin dg benar, dan xg dibawah nmer itu dah dihpus tpi gk bersih kak soalnya keburu dicabut sama pengawasnya??
    mohon jawabannya kak,,,

  24. Assalamu’alaikum
    Bapak gimana kalau ada jawaban yang tertinggal apa itu bermasalah … terus gimana kalau ngapus nya itu bekas nya masih ada sedikit? Apa bermasalah besar ??

  25. pak tanggal lahir saya betul tapi bulatin hitam nya salah seharus nya 11 tapi bulatinya angka 18 bgmn itu pak pengaruh apa tdk

  26. Ass
    waktu itu saya mengikuti UUB namun saya menulis tgl pelaksanaan yaitu tgl 17 maret ,padahal pelaksanaanny tgl 17 april . Apakah aman ??dan apa nilainya bisa keluar???

  27. gan ane ngisi formulir nama nya pake balpen,tapi yang kotak nya bukan yang bule……kedetek g ya???soal nya gue gemetaran sampe sekaran T_T

  28. Pak, saya kan daftar SBMPTN nah Nama Lengkap saya: Naira Fitriya Fauziah
    Trs ada pilihan ” Nama lengkap di LJK ” nah saya tulis ” Naira Fitria Fauzia ” krn memang huruf max nya 20 huruf, jd di kartu peserta Nama di LJK saya seperti itu. Meskipun seharusnya saya tulis ” Naira Fitriya F ” kan?
    Pertanyaannya:
    1. Ketika saya mengisi SBMPTN, Apa saya harus menulis nama saya sesuai yg ada di kartu peserta?
    2. Dan apabila nama yg sya isi itu ” Naira Fitria Fauzia ” itu tidak akan mngalami gangguan dlm memproses data atau semacamnya?

  29. Pak saya mau tanya…. Waktu ngisi LJK saya salah membulatkan no peserta dan telah saya hapus bulatanya dan mengantinya dengan yang benar….. Tetapi nomor pada lingkaran yang sudah saya hapus itu agak hilang…..apakah itu mempengaruhi ljk atau nilai saya pak ? Mohon Dijawab….

  30. Pak saya mau tanya…. Waktu ngisi LJK saya salah membulatkan nomor peserta ujian dan telah saya hapus….tetapi nomor pada lingkaran yang sebelumnya saya hapus itu agak hilang…apakah itu mempengaruhi ljk saya ?

  31. kak mau tanya jika kita saat mengisi nama dil LJK UN dan kita salah menyingkatnya misal kusumananda(gabung) dan kita menulisnya kusuma N(karena tidak cukup)..?tolong segera dijawab ya kak

  32. jika kita menulis nama di ljk biasanya kan di ljk ada 20 kotak kita isi nama peserta misal nama aslinya “Adi Candra Kusumananda”(lebih dari 20) dan kita nulis di ljk un “Adi Candra Kusuma N.kusumananda kan seharusnya digabung kalau dipisah gimana kak..Tolong segera di jawab ya kak,biar gak kepikiran terus..

  33. kak apa salah penulisan bulan lahir apa bisa keluar nilai nya kak kemarin itu katanya bulanya sesuai ijazah tapi katanya sesuai nomer gimana itu kak

  34. Kak klo misalnya nama saya nama lengkap dan nomor peserta saya lupa saya tulis di soal UN kira2 bermasalah gak ya kak.
    Tlg d jwb ya kak trima ksih

    1. kalo di dunia sekolah masih di maafkan, artinya pihak pengawas dan scaner masih bisa membetulkan tapi kalo dunia kerja udah langsung gugur

  35. Pa aku kemrn pas ngisi ljk UN salah ngisi tanggal ujian itu bakalan fatal ga pa?
    Aku cemas kira2 mempengaruhi tida?:(
    Ljk saya bakal ke baca sma komputer ga pa?

  36. Berarti mungkin tdk bermasalah yak kak ? Sya sempat bertanya kpda guru sya ktany sih tdk bermasalah tp sya msih ragu smpai skrg. Soalny 2 mata pljrn tdk sya tulis , dan pengawasnya sprtinya hnya memeriksa LJUN sja tdk dgn soal. Sya takut bermasalah kak.
    Tlg di bntu ya kak trima ksih.

  37. Pak, kalo dikartu ujian nya namanya ulina Panjaitan tapi di lembar jawaban ulina. A. E panjaitan tapi nomor peserta nya benar itu bermasalah gk pak? Tolong dijawab ya pak

    1. Pak jika no peserta ujian nasional kita di ljk tidak cocok dengan di kartu peserta apakah itu berakibat fatal?saya kebalik nempatin nomor peserta nya

  38. Tanya kak,, saya kemarin pas mengisi ljk salah di bgian nama,, trus sya hpus mlaj huruf abjadnya hampir hilang,, apa itu akan berpengaruh kak??
    Tpi sya tnya penggwasnga ngakk papa
    Sebelumnya terimakasih kak

      1. Jika di ljk tes sbmptn hanya menuliskan 1 nama terang dibawah tanda tangan di bagian (menyalin pernyataan mengikuti ujian) apakah berakibat fatal?

  39. Kak mau tanya misalnya ljk sbmptn tanda tangannya tidak diisi, itu pengaruh ga kak sama pemeriksaan untuk sbmptn? Tadi saya sudah bilang ke pengawas, katanya tidak apa2. Emang iya ka?

  40. pak, saya sewaktu sbm di kolom nama terang saya buat nama terang saya RICO, namun katanya namanya sesuai dgn nama LJU, yg seharusnya RICO M S. saya tahu hal itu setelah selesai ujian. apakah berpengaruh terhadap kelulusan ?

    tolong bantuannya pak

  41. kak saya mau tanya, tadi kan saya ujian SBMPTN, di LJU SAINTEK saya lupa ngga ngasih nama terang di bawah tanda tangan, tapi di LJU TPA tadi saya kasih. itu fatal ngga?

    Terimakasih

  42. Pak td saya ngisi nama terang di lju sbmptn pake pulpen(karena disuruh pengawas) padahal di peraturan dibilang cuma menulis tanda tangan yg boleh menggunakan pulpen, apakah itu berpengaruh pak?

    1. Dan kata pengawasny tidak berpengaruh, tp saya telfon ke call center sbmptn katanya kurang tau soalnya tim pengoreksi beda lagi, tp gausah khawatir katanya, gimana kalau menurut bapak?

  43. Pak saya mau tanya tadi saya ketika mengisi lembar ljk sbmptn tanda tangannya kurang satu,saya sudah tanya pada pengawasnya katanya tdk apaapa.Apakah benar tidak papa pak? Saya takut jika mempengaruhi nilai saya nanti:(,mohon jawabannya pak

  44. Permisi, maaf mau bertanya mengenai pengisian LJK sbmptn. Kalau misal lupa membubuhkan nama terang di bawah tanda tangan apakah akan berakibat pada proses scanner dan kelolosan serta proses penilaian? Mohon penjelasannya admin.. Terima kasih

  45. Asalamualaikum
    Tadi saya baru mengikuti sbmptn 2017
    Pada LJK terdapat kalimat pernyataan yang di suruh salin kembali
    Klau saya boleh nanya tulisnya pake pena/pensil?
    Mksih

  46. Mas abimanyu mhn nanya, anak sy sdg UN matematika hari ini. Dia bilang data semua komplit diisi (nama, tgl lahir, mata pelajaran dll), namun lupa ditandatangani LJKnya. Hal ini pengaruh gak ya sama hasil UN matematika nya ?
    Trm ksh.

  47. Kak, saya mau tanya. Jadi gini, tadi saat ujian TKPA, di lembar LJK saya lupa mengisi keterangan yang perintahnya suruh menyalin teks, kalau ngga salah teks nya gini “data yang saya isi sudah benar, jika tidak benar saya siap menerima sanksi”. Lah itu saya lupa ngisi nya kak, gimana ya kak? Apa berpengaruh sama lolos tidaknya sbmptn?

  48. Pak mau tanya, kemarin di ljk sbmptn saya lupa nulis kode soalnya tapi saya udah bilang kepanitianya tapi ngga tau dibuatin berita acara apa engga nah itu gimana ya? mohon jawabannya

  49. mau tanya kalo ljk sobek dikit dibagian samping kira” kalo di scan kebaca nggak ya?
    misal sobek tambah parah waktu di scan apakah ada petugas yang menyalin jawaban atau menginput jawaban?

    terimakasih

  50. Jika di ljk tes sbmptn hanya menuliskan 1 nama terang dibawah tanda tangan di bagian (menyalin pernyataan mengikuti ujian) apakah berakibat fatal?

  51. Permisi maaf saya mau tanya mengenai LJK sbmptn. Kalau lupa tidak membubuhkan nama terang di bawah tanda tangan di LJK tersebut apakah akan berpengaruh pada proses scanning dan pada proses penilaian? Lalu apakah itu berpengaruh pada penentuan lolos sbmptn atau tidaknya? Mohon penjelasan admin.. Terima kasih

  52. Kak, pas sbmptn detik detik terakhir huruf p dan u berada dalam satu kolom lalu huruf u nya aku hapus lalu aku buletin sampingnya, nah masalahnya aku buletinnya bener apa nggak, tapi untuk nomer pesertanya sudah benar, itu masalah banget nggak

  53. Kak saya baru mengikuti tes sbmptn tapi ada kesalahan
    Di ljk saya,saya ga sngaja menghapus kotak hitam yang dipinggir kak,apa itu akan berpengaruh????
    Tolong jawab ya kakk
    Ini sangat penting
    Makasih kak!!!!!

  54. Permisi, maaf mau bertanya mengenai pengisian LJK sbmptn. Kalau lupa tidak membubuhkan nama terang di bawah tanda tangan apakah akan berpengaruh pada proses scanning dan berakibat pada penilaian serta lolos atau tidaknya? Mohon penjelasan admin.. Terima Kasih.

  55. Kak mau nanya, waktu ujian sbmptn kemarin, sy lupa menulis pernyataan dalam ljk, dan lupa menandatanganinya
    Berpengaruh ga?

  56. pak saya salah mengisi nama disbmptn seharusnya nama yang ditulis m habib kurniawan tapi malah saya tulis muhammad habib. apakah ini fatal ya pak ?

  57. Mau nanya nih temen2, kemaren saya ikut ujian umptkin
    Terus yg pas ngumpul ljk yg pertama saya lupa banget ngisi kode soal sama kode ptkin nya
    Itu gimana ya? Fatal banget gak sih?
    Bingung jadinya, mohon dijawab ya tmen2

  58. Mau nanya nih temen2, kemaren saya ikut ujian umptkin
    Terus yg pas ngumpul ljk yg pertama saya lupa banget ngisi kode soal sama kode ptkin nya
    Itu gimana ya? Fatal banget gak sih?
    Bingung jadinya, mohon dijawab ya tmen2

  59. pak mau tanya boleh? jadi pas jlk di sbmptn kan ada dua tanda tangan, nah tanda tangan yang pertama sama yang kedua saya bedakan, apa ngaruh ya pak? saya takut nggak bisa di scan:( mohon di jawab ya pak terimakasih

  60. saya mau tanya pak saat saya mengisi nama pada ljk sbmptn tidak sesuai dengan nama yang ada dikartu pesertanya apa itu pengaruh nggak pak ? Saya tulis muhammad habib seharusnya yang ditulis m habib kurniawan

  61. permisi gan.. mau nanya kalo di ljk ada yg salah ngebuletin trus dihapus, apakah harus benar2 bersih seperti sebelumnya atau gimana ya gan… makasih ya gan…

  62. Pak saya mau tanya, kmren saya ikut sbmptn. Waktu daftar di slip pembayaran salah tanggal lahir yaitu 1988. Nah karna saya juga ga tau(di krtu sbmptn jga ga tertulis tanggal lahir) jd pas ujian saya isi yg asli yaitu 1998. Apakah ljk saya masih dapat dikoreksi ? Terimakasih

  63. Kak Abimayu. Saya mau tanya, kan pas sbmptn kemaren saya dapet ljk yang cetakannya kurang bagus. Nah di bagian buletan2 huruf nama dan tanda petik bagian bawah sendiri, yg pada baris buletan tanda petik itu cetakan LJKnya nggak sempurna, ada yg hilang sebagian… seperti cetakan kabur gitu. Apakah itu itu termasuk cacat LJK? dan apakah LJK saya tetap akan bisa di scan? Mohon tanggapannya. Terimakasih

  64. min mau tanya , saya kemarin ikut tes sbmptn nah saya lupa enggak ngisi nama terang 1 kali lagi , itu masih bisa di scan nggak ya? terimakasih sebelumnya

  65. Mas saya mau nanya kalau saya ujian s2 tetapi di lembar LJk lupa memberi tanda tangan dan nama dibawah nya apakah tidak diperiksa ..terima kasih sebelumnya

  66. Permisi pak, saat ujian UTMI, saya terbalik menuliskan angka NOMOR KURSI, yang seharusnya 0482 menjadi 0428, dalam 3 LJK, LJK pertama dan kedua saya salah, saya tersadar saat di LJk ke-3. Namun, identitas lain inshaallah sudah benar. bagaimana tanggapan bpk?
    terimakasih.

  67. Pak saya mau tanya,
    1)Kalau di ljk nomornya saya tandain, yaitu nomornya saya beri garis miring dengan pensil 2B (saya tandain karena jawaban belum bener) dan saya tidak menghapusnya
    2)saya bikin kotretan di daerah yang kosong di bawah pilihan ganda.
    Apa kedua hal tersebut masih memungkinkan ljk terbaca?
    Terima kasih pak

  68. Assalamu’alaikum, pak
    Sebenarnya bentuk tanda tangan itu mempengaruhi tidak sih, dalam kegagalan seleksi sbmptn? misalnya bentuk tanda tangan d ljk seperti ini, sedangkan bentuk tanda tangan pda kertas yg dberi pengawasnya seperti itu. pokoknya sedikit tidak trlalu miriplah.

    Terima kasih, mohon jawabannya ya pak

    1. kalo itu dah ranah pantia ujin, beda waktu beda kebijakan. kalo saran saya lebih baik semua di isi menikuti petunjuk yng ada. pada waktu tertentu salah satu syarat kelulusan adalah peserta mampu mengikuti instruksi yang di berikan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *