Mengenal Webinar, Model Pelatihan Untuk Guru Jaman Melenial

webinar merupakan gabungan dua kata yaitu web dan seminar lebih lengkapnya adalah suatu kegiatan pertemuan (seminar) yang dilakukan secara online atau memanfaatkan jaringan internet dan dapat diikuti oleh beberapa orang dari berbagai lokasi yang berbeda.

Menurut Tom Wayteg (2013) dalam, kamus internet, cara cepat dan praktis masuk dunia cyber, pengertian webinar adalah istilah yang kadang-kadang digunakan untuk merujuk kepada virtual seminar, atau seminar online, termasuk bagian dari program distributed education.

Sesuai dengan nama kegiatan seminar online (webinar) sehingga tidak mengharuskan peserta datang di suatu lokasi tempat yang ditentukan. Peserta bisa berada dimana saja asalkan memiliki perangkat seperti: komputer, laptop, tablet atau Smartphone, koneksi internet yang cepat dan stabil serta aplikasi pendukung webinar. Sedangkan waktu kegiatan webinar dapat ditentukan oleh penyelenggara. Peserta webinar tinggal mengaktifkan perangkat yang dimiliki agar dapat mengikuti pertemuan atau seminar online pada hari dan jam yang telah ditentukan.

Webinar saat ini digunakan oleh perusahan untuk melakukan koordinasi rapat, sosialisasi dan sebagainya. Begitu pula dengan perguruan tinggi, kuliah jarak jauh, lembaga kursus dan lembaga pelatihan lainnya webinar digunakan sebagai media pelatihan dimana Narasumber dapat menyampaikan materi dengan baik dan terkontrol.

Pada sisi yang lain peserta dapat menyimak materi dengan baik dan berinteraksi baik melalui chat maupun interaksi langsung secara verbal dengan narasumber dalam waktu yang sama (real time) walaupun terpisah oleh jarak.

LPMP Jawa Tengah sebagi kepanjangan tangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan juga juga memanfaatkan teknologi webinar dalam melaksakan fungsi dan tugasnya. Sehingga ke depan tidak hanya model pelatihan akan berubah model menjadi berbasis online, untuk rapat koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kab/kota dan sosialisasi juga akan menjadi model seperti ini. Sudah tidak ada alasan bagi kita semua untuk tidak mengikuti kegiatan berbasis webinar, karena ke depan lebih banyak pelatihan berbasis online ketimbang tatap muka dan bisa di pastikan sebagain besar guru sudah memliki perangkat yang di butuhkan untuk mengikuti kegiatan ini.

Untuk pertama LPMP Jawa Tengah Menfasilitasi pakar pendidikan di Jawa Tengah DR. Lulup P, M.Pd menyampaikan materi secara webinar tentang SOLE (Self Organised Learning Environment), Lingkungan Belajar Mandiri adalah program yang dirancang untuk mendukung pendidikan mandiri. Sugata Mitra, seorang ilmuwan pendidikan, pertama kali mempopulerkan istilah ini pada tahun 1999, merujuk pada pendekatan yang ia kembangkan setelah eksperimen Hole in the Wall. [1] [2] Eksperimen Mitra menunjukkan bahwa kelompok anak-anak dapat belajar menavigasi komputer dan internet sendiri, dan research, sejak itu terus mendukung kesimpulannya yang mengejutkan bahwa kelompok anak-anak, dengan akses ke Internet, dapat mempelajari hampir semua hal sendiri. . “[3] Mulai tahun 2014, ia bekerja dengan dan melalui proyek School in the Cloud untuk mendukung pengembangan SOLE di seluruh dunia, menambahkan mentor “Granny” dan Pertanyaan Besar sebagai komponen kunci dari program tersebut.(Wikipedia).

Ikuti dan aktif di dalam kegiatan tersebut, untuk menambah ilmu pengetahuan secara mandiri dan gratis
Cara mengikuti webinar :

Menggunakan smartphone/tablet
a. Download dan install aplikasi Sisco Webex dari Plyastore (android) atau AppStore (IOS)
b. Jalankan webex
c. Klik join meeting, kemdian masukan meeteng number (yang sudah di infokan di flyer atau dari slebaran), nama dan alamat email.
d. Masukan password (yang sudah di infokan di flyer atau dari slebaran)
e. Klik tombol Call Over Internet.
f. Untuk menyampaikan sesuatu kepada semua partisipan, gunakan menu chat to all partisipan.
g. Hadiri webinar 15 menit sebelum kegiatan di mulai untuk setting dan mengikuti tutorial.
h. Jangan lupa mengisi absen kehadiran

Menggunakan Laptop
a. Dari web browes (chrome atau Mozilla) masuk ke menu add on
b. Cari dan install sisco webex
c. Aktifkan menu allow pop up
d. Selanjutnya klik Link yang sudah di sediakan di infokan di flyer atau dari slebaran
e. Masukan password (yang sudah di infokan di flyer atau dari slebaran)
f. Klik tombol Call Over Internet.
g. Untuk menyampaikan sesuatu kepada semua partisipan, gunakan menu chat to all partisipan.
h. Hadiri webinar 15 menit sebelum kegiatan di mulai untuk setting dan mengikuti tutorial.
i. Jangan lupa mengisi absen kehadiran

Alamat webinar LPMP Jawa Tengah di : gg.gg/lpmpwebinar

VC indonesia 16 – 11 -2- 2019
Meeting link:
https://seameoseamolec.webex.com/seameoseamolec/j.php?MTID=mdbc40acaf23ee13a0aef6beb78e36afb
Meeting number:577 805 033
Password:12345

Tulisan ini dipublikasikan di Info LPMP Jawa Tengah, Materi Pelatihan dan tag , , , , . Tandai permalink.

5 Responses to Mengenal Webinar, Model Pelatihan Untuk Guru Jaman Melenial

  1. Wasilah berkata:

    Sy tertarik untuk ikut webinar

  2. Agustina Pramu Indah berkata:

    Mantap

  3. Retno berkata:

    Cara ngisi daftar hadirnya bagaimana ya Pak??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.