Berkreasi Dengan Ponsel Pintar

Memasuki musim libur sekolah tentu menyenangkan bagi anak anak bisa bersantai di rumah tampa ada beban pelajaran, bisa jalan jalan keluar kota dengan orang tua atau bisa juga liburan ke rumah eyang. Tapi liburan yang panjang di sisi lain membosankan juga jika tidak ada kegiatan yang menarik. Dan bisa di pastikan anak anak akan sibuk dengan gawainya. Bermain game atau menonton youtube terus.

Daripada anak anak bermain game atau menonton youtube saja, ayo ajak mereka berkreasi dengan gawainya untuk membuat video. hasil buatannya bisa Mereka pamerkan ke teman temannya melalui media sosial sedangkan proses belajar dan membuat bisa menjadi kegiatan menarik dan bermanfaat.

contoh video yang akan kita buat seperti ini

Sederhana tapi cukup menghibur anak anak melihat hasilnya, setelah itu ide ide lainnya pasti muncul di kepala mereka, tinggal kita arahkan untuk belajar tutorial tutorial yang sudah banyak di yutoube.

Berkreasi dengan ponsel pintar saat ini sangatlah mudah, banyak tutorial yang beredar di youtube. Peralatan yang di butuhkan pun tidaklah mahal, tentu peralatan utama yang di gunakan adalah ponsel pintar, ponsel pintar seperti apa yang bisa di guankan, saya sendiri untuk membuat dan mengedit video di atas menggunakan LG V20 keluaran tahun 2016 dengan ram 3 dan memory 64. Sebuah ponsel pintar yang cukup tua dan spek tidak terlalu tinggi. Sedangkan tambahannya adalah Tripod untuk ponsel. Harganya cukup murah hanya sekitar 50 rb – 60 rb di toko online.

Contoh Tripod, Jangan lupa beli juga Clamp untuk HP

Sedangkan aplikasi yang di butuhkan adalah,

  1. Open Camera, https://play.google.com/store/apps/details?id=net.sourceforge.opencamera&hl=in di gunakan untuk mengambil video, kita tidak menggunakan aplikasi bawaan karena tidak bisa di setting manual, sedangkan open camera bisa mellkukan itu.
  2. KineMaster Video Editing, https://play.google.com/store/apps/details?id=com.nexstreaming.app.kinemasterfree&hl=in di gunakan untuk mengedit videonya

Untuk membuat video kembar 3 seperti yang di contohkah, langkahnya sebagai berikut.

  1. Buak open camera, mastikan fungsi autofokus dan kunci white balance.
Setting Open Camera

2. Gunakan open camera untuk merekam 3 buah video dengan posisi anak di 3 posisi anak seperti contoh.

3. Pastikan ketika mereka, menggunakan tripod dan posisi tripod tidak bergeser sedikitpun.

4. Edit hasil video menggunakan KineMaster

Cara edit Dengan KineMaster

Selamat mencoba dan bersenang senang dengan anak anak, Jika ada pertanyaan atau hal yang ingin di diskusikan silahkan tulis di komentar

Tulisan ini dipublikasikan di Materi Pelatihan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.