Membuat Video Ucapan Lebaran Untuk Pemulacapan

Sebenarnya saya tidak bermaksud membuat video ucapan baru, karena tahun ini saya gak ada ide dan bermaksud menggunakan video ucapan tahun tahun sebelumnya, tetapi ketika mengedit template tahun sebelumnya kok terasa ada yang kurang, akhirnya saya pikir gak ada salahnya mencoba membuat design baru atau lebih tepatnya mencari design yang sudah ada saja kemudian di edit, karena saya gak begitu menguasai design. Setelah video jadi dan di upload ke facebook ternyata banyak komentar yang meminta di ajari buatnya, daripada menjelaskan satu satu lebih baik buat artikel dan di share sekalian. Di artikel ini tidak membahas bagaimana mendesign dari awal, tetapi kita gunakan beberapa aplikasi yang sudah siap pakai demi menghasilkan karya yang kita inginkan.

Sebagai seorang yang tidak bisa mendesign maka kita harus kreatif dengan memanfaatkan aplikasi yang sudah menawarkan kemudahan pembuatan video animasi. Tentu pilihan utama jatuh kepada Microsoft Powerpoint, sebuah aplikasi yang bisa kita andalkan untuk membuat animasi dari sederhana sampai canggih. Saya menggunakan microsoft powerpoint 2013, semakin tinggi versinya semakin baik. Tapi kembali lagi, karena saya termasuk tidak pintar design, mentok di ide tampilan atau design seperti apa yang harus di buat.

Pertama saya coba menggunakan google image untuk mencari background dan tampilan tulisan yang sudah jadi, tetapi permasalahannya adalah gambar yang sudah jadi plus text tidak bisa di animasikan. Setelah mencari terpikir untuk menggunakan aplikasi design yang mudah penggunaan dan hasilnya bagus yaitu canva (canva.com)

Alhamdulillah canva sudah menyediakan template untuk Iedul fitri, caranya silahkan masuk ke canva.com kemudian login/signup jika belum punya akun. masukan kata kunci “iedul fitri” atau “Islam” di pencarian kemudian tekan enter untuk melihat pilihan yang ada, banyak pilihan design yang sudah bisa kita pilih dan siap pakai. Pertanyaannya kan tadi kita mau buat video, kok ini jadinya image. Tenang, di canva kita hanya untuk mencari design saja, jadi silahkan pilih design yang di sukai kemdudian edit sesuaikan dengan kebutuhan. Contohnya saya memilih design ini

Setelah design sesuai dengan keinginnan selanjutnya ada trik penting yang harus di lakukan.

Setelah design sudah sesuai dengan yang di inginkan, trik pertama, simpan atau donwload dalam bentuk PDF,  ini file utama kita yang nantinya kita edit di power point. Jamgam bingung dulu, emang bisa PDF di edit pakai powerpoint? sabar, lanjutkan baca sampai selesai. Kemudian delete semua text dan tambahan elemen sehingga hanya tersisa background saja. Kemudian simpan/download dalam bentuk JPG. Ini kita gunakan sebagai background, misalkan hasil convert dari PDF backgroundnya tidak sempurna.

Selanjutnya file PDF kita rubah ke dalam power point secara online dialamat  https://www.ilovepdf.com/pdf_to_powerpoint

Setelah masuk ke halaman utama, klik pada tombol Select PDF File

Pilih file yang akan di convert menjadi powerpoint, kemudian klik Convert to PPTX

Setetalah proses file siap di unduh dengan menekan tombol Download Powerpoint

sehingga hasilnya sebuah file powerpoint, nah file powerpoint yang kita dapat setelah convert ini antara background, text dan element sudah terpisah sehingga bisa kita edit dan tambahkan animasi di power point dengan mudah.

contoh file powerpoint hasil convert dari PDF bisa di download di sini

Setelah itu animasikan semua text dan element yang ada sesuai keinginan kita. Video animasi bisa kita tambahkan musik background, tetapi ingat jika video tersebut akan di upload juga ke youtube, lebih baik gunakan musik yang tampa hak cipta, tapi jika hanya penggunaan kirim ke soudara atau teman silahkan bebas. Jika ingin mencari musik di youtube gunakan kata kunci “eid mubarak music no copyright”. Kemudian download dalam bentuk mp3. Caranya jika sudah menemukan musik yang sesuai, edit url atau alamat nya dari youtube menjadi yout. contoh

ini adalah alamat youtube aslinya https://www.youtube.com/watch?v=V_hyuKW81NI

maka kita rubah menjadi https://www.yout.com/watch?v=V_hyuKW81NI

kemdian akan di bawa ke tampilan download

klik tombol biru Format shift to mp3, tunggu proses download dan silahkan masukan musik tersebut ke power point. setelah animasi dan backgroum musik sudah sesuia  export sebagai video.

Contoh animasi (PPT dan MP3) yang saya buat bisa di diownload di sini,

Ada seorang teman bertanya, bagaimana memasukan video kita biar muncul di power point, ada sedikit trik untuk memasukan video kita di dalam power point seperti contoh diatas :

  • Buat sebuah video pendek dengan gaya sesuai yang di inginkan dengan ponsel pintar.
  • usahakan background dan baju warnanya kontras (tidak sama) untuk hasil yang lebih baik
  • Copy ke laptop dan convert kedalam bentuk gif, untuk menghilangkan background caranya masuk ke website https://www.unscreen.com/upload
  • Website canggih ini bisa menghilangkan background dan hasilnya berupa gif.
  • Unuh hasil gif dan masukan ke power point sebagai imgae dan atur urutan tampilnya seperti yang kita inginkan.

setelah video animasi jadi, untuk upload ke youtube tidak masalah tetapi untuk mengirim lewat whatapp ukurannya masih terlalu besar, untuk mengecilkan ukuran file tampa mengurangi kualitas video gunakan aplikasi handbreak, download di https://handbrake.fr/

aplikasi ini tidak hanya berguna untuk kali ini saja tetapi bisa di gunakan untuk semua video yang bapak ibu ingin rubah dalam ukuran yang lebih kecil tapi tidak mengurangi kualitas video tersebut, misalnya download dari youtube kemudina ingin di kirim lewat Whatsapp, gunakan aplikasi ini.

download dan install, setelah selesai jalankan. Beberapa hal yang harus di sesuaikan

pada menu summary, Beri centang pada Web Optimeize

pada menu video, Rubah Framer Rate (FPS) menjadi 29,97

rubah konstan Quality menjadi 25

di tab audio, rubah bitrate menjadi 128, setelah semua setingan sudah sesuai klik pada Start Encode, file hasil perubahan akan tersimpan dalam folder Save as. Setelah saya bandingkan video hasil dari powepoint berukuran sekitar 12-15Mb, setelah di convert menjadi sekitar kurang dari 2Mb dan cukup ringan jika di kirim melalui Whatsapp.

Demikianlah langkah langkah membuat sebuat video ucapan lebaran untuk pemula atau yang tidak bisa design seperti saya. Tentu saja pengembangnnya tidak hanya sebuah video ucapan lebaran, bisa juga untuk membuat video pembelajaran. Memadukan design dari canva.com, edit menggunakan powerpoint dan di tambahkan perekam layar menggunakan bandicam serta menggunakan kamera hp sebagai kamera pengganti webcam.

Jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar.(Abi)

Tulisan ini dipublikasikan di Materi Pelatihan dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.