Tatap Muka Daring Dengan Streamyard

Dalam kondisi yang berubah ubah, kita harus fleksibel dalam melihat dan menyikapi segala hal, termasuk dalam kegiatan pembelajaran. Baik dalam kondisi normal atau new normal sebagai pengajar baik guru, dosen maupun narasumber harus memanfaatkan semua fasilitas untuk mendukung penyampaian materi dengan lebih baik. Ketika kondisi tatap muka tidak memungkinkan maka solusi penggunaan pembelajaran jarak jauh merupakan hal yang mau tidak mau harus di lakukan, banyak yang masih beranggapan pembelajaran jarak jauh merupakan pengganti atau sementara ketika tatap muka tidak bisa dilaksanakan tetapi menurut saya, bahkan ketika kegiatan tatap muka sudah bisa dilaksanakan, tidak berarti pembelajaran jarak jauh akan hilang atau tidak perlu di gunakan lagi, justru penggabungan keduanya menjadi sebuat kolaborasi pembelajaran yang baik dan menyenangkan.

Kelemahan dari metode pendidikan konvensional  selain Kebergantungan kepada lokasi, tempat, dan kehadiran dari para peserta proses belajar-mengajar baik pengajar maupun peserta didik juga menimbulkan biaya pendidikan relatif tinggi sebagai akibat dari timbulnya berbagai biaya untuk menunjang operasional sehari-hari pada lembaga penyelenggara pendidikan konvensional.

Sebagai ilustrasi, sebuah pelatihan yang diselenggarakan dengan tatap muka oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan di ibukota Provinsi dengan mengundang perwakilan guru di seluruh kabupaten kota dengan jumlah peserta 100 selama 3 hari orang akan membutuhkan komponen selain narasumber dan kepanitiaan yaitu biaya sebagai antara lain transport dan akomodasi semua peserta. Bandingkan jika diubah dalam sebuah pembelajaran jarak jauh, dengan komponen biaya yang sama di kepanitiaan dan narasumber maka akomodasi dan transportasi peserta tidak memerlukan biaya, dan jumlah peserta yang bisa ikut pelatihan  menjadi tidak terbatas.

Pendidikan jarak jauh adalah suatu kajian kependidikan yang terus berkembang seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi komunikasi dan informasi. Beberapa artikel menyebut pembelajaran jarak jauh sebuah salah satu inovasi pembelajaran abad 21. Semakin murahnya teknologi informasi dan komunikasi menjadi sebuah keuntungan dalam proses pembelajaran jarak jauh. Materi ajar dapat dikemas menjadi sebuah produk yang memungkinkan dipelajari berulang ulang.

Salah satu komponen dalam pembelajaran jarak jauh adalah tatap muka secara daring, tidak hanya melihat presentasi dari penyaji juga ada komunikasi dua arah untuk diskusi. Dalam komponen yang lain adanya materi yang bisa dipelajari bisa dipelajari secara mandiri. Banyak aplikasi yang menyediakan untuk itu

Aplikasi penyedia tatap muka daring banyak sekali, beberapa yang sudah berbayar bisa digunakan untuk langsung menampilkan secara langsung di media sosial popular seperti youtube dan facebook. Yang lainnya memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk merekam dan menampilkannya ke youtube dan facebook.

Konsepnya adalah presentar (guru, dosen, widyaiswara atau narasumber) mempresentasikan materinya secara daring seperti dalam video conference tetapi peserta tidak semua  masuk dalam room yang sama tetapi menonton lewat  youtube hanya beberapa peserta saja yang ikut dalam room, kenapa tidak menggunakan aplikasi video conference pada umumnya karena beberapa kelebihan metode ini sebagai berikut.

  • beberapa perangkat peserta bisa jadi belum cukup nyaman untuk menginstal dan menggunakan aplikasi  video conference yang umum digunakan
  • Youtube live juga mendukung komentar untuk interaksi, jadi peserta bisa bertanya lewat komentar yang nantinya bisa dibacakan atau peserta yang memang perlu di tampilkan suara dan videonya bisa di masukan dalam room
  • Jika terjadi kendala teknis di siswa mereka bisa menonton ulang videonya di youtube, bahkan bisa mendownloadnya untuk mempelajari berulang ulang.
  • Dengan live di youtube, video tersimpan bisa di tonton kapanpun dan dimanapun.

StreamYard

StreamYard adalah alat produksi video langsung di browser Anda. Dengan sejumlah peserta yang bisa di tampilkan dan share screen.  Tidak ada unduhan atau menginstall dan Anda tidak memerlukan apa pun selain komputer dengan mikrofon dan kamera untuk memulai. Bisa di gunakan di komputer dan smartphone.

Untuk memulai,

  • Luncurkan Chrome atau browser lain yang didukung
  • Daftar ke StreamYard jika Anda belum melakukannya
  • Hubungkan tujuan untuk streaming
  • Buat siaran dan tayangkan

Hanya itu yang Anda butuhkan untuk memulai!

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman terbaik, Anda harus memeriksa bagian perangkat dan perlengkapan.

untuk memulai masuk pada alamat streamyard di https://streamyard.com, jika belum pernah mendaftar maka daftar menggunakan alamat email google.

Klik get started,

Streamyard akan mengirim email yang berisi kode yang harus kita masukan pada langkah berikutnya, buka email dari streamyard dam masukan kode yang kita terima ke langkah selanjutnya

setelah berhasil kita masukan akan ada notifikasi

Klik tombol onward

Streamyard ada 3 versi, gratis, basic dan profesional, dengan kelebehian dan kekurangan masing masing. Untuk kebutuhan pembelajaran jarak jauh cukup pakai yang free atau gratis dengan sedikit kekurangan yangitu adanya logo streamyard di video kita, maksimal 6 orang dalam room dan dalam sebulan maksimal 20 jam video/

Untuk membuat siaran langsung di youtube, dari dasbord klik tombol Create a Broadcast

Klik tombl broadcast to, Add a destination, pilih youtube chanel

pilih akun youtube yang akan di gunakan dan beri akses dengan mengklik tombol ijinkan

jika pertama kali memulai siaran langsung maka ada beberapa langkah yang perlu kita lakukan di akun youtube kita.

klik pada mulai

Jika akun belum terverifikasi, maka akan muncul menu verifikasi terlebih dahulu

masukan nomer hp untuk verifikasi, klik kirim

setelah menerima sms, masukan kode yang kita terima dalam form yang di sediakan. Klik Kirim. Kita harus menunggu kurang lebih 24 jam sebelum akun youtube kita bisa untuk siaran langsung.

Setelah berhasil menambahkan akun chanel youtube maka untuk memulai siaran klik pada tombol Creata a Broadcast, kemudian pilih cchanel akun youtube kita

Kemudian isikan Title, deskription dan pilih privacy, apakah publik (bisa dilihat siapapaun), unlist(hanya yang punya link saja) atau private(untuk diri sendiri).

Setelah semua sudah terisi klik Create Broadcast

Cek tampilan kamera dan fungsi mic, pastikan kamera sudah terlihat previewnya dan mic sudah ada pergerakan. Jika ada yang kurang pas bisa di setting melalui tombol setting yang bertuliskan cam/mic.

Ada pilihan camera dan audio yang di pakai, sesuaikan dengan kebutuhan kemudian tutup dengan menekan tombol close.

Masukan juga nama yang akan tampil di video. kemudian klik tombol Enter Broadcast Studio.

Tampilan awal ketika berhasil masuk ke broadcast streamyard, kita harus menambahkan peserta ke dalam stream, klik pada peserta kemudian klik tombol add to stream.

Fungsi tombol

Mute, untuk mematikan microfon

Stop cam, untuk mematikan menghidupkan kamera

Cam/mic, untuk mensetting camera dan audio

Share Screen, untuk menshare tampilan layar kira

Invite, untuk mengundang orang masuk ke dalam stream kita

Leave studio, untuk keluar dari stramyard.

undang beberap orang untuk masuk ke dalam streamyard kita dengan mengklik tombol invite, kemudia klik tombol biru Copy t o Clipboard, kemudian berikan alamat tersebut kepada orang yang mau kita undang bisa lewat whatsapp, email atau mesangger.

setelah orang berhasill masuk, tambahkan kedalam stream dengan menekan tombol Add to Stream.

yang akan tampil pada youtube hanya yang di masukan pada stream.

tampilan dari stream bisa di pilih dengan mengklik pada pilihan yang ada.

Share Screen

Dalam setiap presnetasi pasti di perlukan share screen untuk menampilkan presentasi, diaplikasi streamyard ini lebih di sarankan menggunakan layar dua atau satau laya satau projektor. Walapuan hanya satu layar uga tetap bisa.

Pilih yang akan di share, seluruh layar, aplikasi windows atau tab dari chrome. Jika ingin memperdengarkan suara, jangan lupa untuk mengklik Share audio.

Untuk menyelesaikan dengan mengklik tombol Stop sharing.

Seperti halnya aplikasi lain ada beberapa menu yang bisa dilakukan seperti host mematikan/menghidupkan mic peserta, mengeluarkan peserta dari stream, tampilan solo dan lainnya.

Menambahkan Banner

Tambahkan banner untuk mempercantik tampilan dari video, klik tombol Create Banner, kemudian tuliskan banner yang kita inginkan, untuk menampilkan di layar klik tombol show.

untuk menu Brand, sementara masih belum bisa di gunakan di versi gratis.

Setelah semua persiapan sudah sesuai dengan keinginan klik tombol Go Live.

setelah tampil di youtube, untuh melihat di versi youtubenya klik pada tombol panah ke bawah

share link youtube contoh : https://www.youtube.com/watch?v=jr6oTA_sdXU 

Klik tombol View in Youtube untuk melihat videonya di youtube dan share alamatnya kepada peserta, minta mereka berinteraksi melalui komentar atau membuka google jamboard untuk kolaborasi.

Tampilan Dari Smartphone

Selain dari komputer, kita juga bisa membuka dari smartphone android maupun iphone, setelah mendapatkan link. klik link untuk masuk kedalam streamyard

Sama seperti komputer, kita akan di minta izin untuk penggunaan mic dan camera, beri izin dengan mengklik izinkan

.

Cek kamera dan mikrophone apakah sudah berfungsi dengan baik.

tampilan ketika Sudah masuk di backstage

Ketika sudah masuk pada stream.

Demikian pemanfaatan streamyard untuk media tatap muka daring gratis dan powerfull sebagai alternatif penggunaan aplikasi yang umum digunakan seperti zoom, webex, meet dan lainnya yang kadang membutuhkan usaha yang lebih untuk melakukannya. Mari berdiskusi secara lebih lanjut di kolom komentar.

Terima kasih (Abi)

Tulisan ini dipublikasikan di Materi Pelatihan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.