Fasilitas Baru Video Filter Dari Zoom

Jangan heran kalau melihat video profile di zoom mulai aneh aneh tampilannya. Ada yang memakai topi, topeng, muka kelinci dan lainnya. Ternyata zoom dengan update aplikasi terbarunya sudah menyertakan fasilitas filter video, tentu hal biasa dalam aplikasi medsos kekinian seperti instagram, tiktok, snapgram atau lainnya, tetapi hal yang unik ketika masuk dalam ranah video conference. Sebelumnya zoom sudah selangkah lebih maju dengan memberi fasilitas video background, sebuah fasilitas unik waktu itu dan saat ini menjadi standar wajib aplikasi video conference.  

Zoom Video Communications, Inc. (Zoom) adakah sebuah perusahaan teknologi komunikasi Amerika Serikat yang berkantor pusat di San Jose, California. Perusahaan ini menyediakan layanan perangkat video conference dan obrolan daring berbasis P2P komputasi awan yang digunakan untuk telekonferensi, bekerja jarak jauh, belajar jarak jauh, dan berhubungan sosial.

Layanan ini diberikan gratis untuk pertemuan konferensi video hingga 100 pengguna, dengan dibatasi waktu penggunaan hingga 40 menit. Untuk memperpanjang waktu pertemuan dan menambah jumlah pengguna dalam pertemuan, Zoom menyediakan skema berlangganan dengan harga sekitar $15–20 per bulan. Zoom juga menyediakan layanan berlangganan khusus bagi pengguna bisnis dengan rentang harga $50–100 per bulan dengan fitur yang lebih diperkaya, seperti layanan Zoom Rooms.

Zoom didirikan oleh insinyur dan mantan eksekutif perusahaan Cisco Webex, Eric Yuan, pada tahun 2011, dan meluncurkan layanan perangkat lunak sejak 2013. Pendapatan Zoom yang terus meningkat bersamaan dengan peningkatan jumlah pengguna menjadikan perusahaan ini mencapai status perusahaan unikorn pada tahun 2017 dengan valuasi mencapai $1 milyar.[9] Pada tahun 2019, Zoom menjadi perusahaan terbuka dan terdaftar di NASDAQ. Sejak awal 2020, penggunaan layanan Zoom terus meningkat sejak pandemi koronavirus baru merebak di dunia, menjadikan banyak pengguna menggunakan aplikasi ini sebagai layanan bertatap muka secara daring. (Wikipedia)

Dengan sebuah video filter tampilan video kita menjadi lebih dinamis dan menarik, cukup untuk membuang kebosanan dalam sebuah kegiatan video conference. Mungkin juga menjadi sebuah hal yang membuat aturan penyelenggara menjadi lebih panjang. Aturan untuk tidak boleh memakai filter video.

Untuk memanfaatkan fasilitas ini, upgrade zoom terbaru saat artikel ini dibuat yaitu versi 5.2.1, cek update terbaru dengan mengklik tombol profil dan pilih Check For Upgrade,

ketika update tersedia, klik update dan tunggu sampai proses download selesai, klik tombol instal

Tunggu proses install sampai selesai

setelah restart zoom, dan kita sudah masuk dalam room, akan ada menu baru di tombol video, Choose Video Filter

Setelah itu muncul pilihan filter yang bisa dipakai, klik tombol filter untuk melihat hasilnya

Setelah memilih, otomatis akan terlihat oleh seluruh peserta.

Kesimpulan, sebuah update yang menarik dari zoom yang membuat aplikasi zoom selangkah lebih maju ketimbang pesaing yang lain. Untuk mengusir kebosanan ketika ber zoom ria.

Silahkan tulis komentar untuk berdiskusi tetang artikel ini, terima kasih.(Abi)

Tulisan ini dipublikasikan di Info dan tag , . Tandai permalink.

2 Responses to Fasilitas Baru Video Filter Dari Zoom

  1. yatno.dsp berkata:

    Mantul pak @Abi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.