QA Model – Model Penjaminan Mutu Pendidikan LPMP Jawa Tengah

Dalam rangka meningkatkan mutu satuan pendidikan di Jawa Tengah, LPMP Jateng pada tanggal 1 s.d. 23 September 2020  telah menyelenggarakan secara DARING dengan aplikasi ZOOM Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan Tahun 2020 dengan  sasaran kegiatan: seluruh satuan pendidikan di Jateng (24933 sekolah) yaitu

  • 190 Sekolah Luar Biasa (SLB)
  • 18943 Sekolah Dasar (SD)
  • 3367 Sekolah Menengah Pertama (SMP)
  • 864 Sekolah Menengah Atas (SMA)
  • 1569 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

hampir di katakan semua sekolah sudah tersosialisasi kegiatan ini melalui kepala sekolah masing masing, namun dari berbagai sekolah di kota dan kabupaten yang penulis kunjungi, masih banyak guru bahkan kepala sekolah yang belum paham apa itu QA Model, oleh karena itu bagi bapak/ibu yang masih belum mengenal silahkan tonton video youtube di bawah ini.

Mengenal Lebih Jauh QA Model

QA Model LPMP Jawa Tengah bertujuan untuk memudahkan sekolah dalam melakukan penjaminan mutu Pendidikan, sebagaimana diamanatkan pada PP 13/2015 perubahan ke-2 PP 19/2005) dan Permendikbud No 28/2016. Berasaskan simplicity  kesederhanaan), QA Model LPMP Jateng  mengarahkan sekolah menjalankan langkah-langkah esensial (Prosedur Operasional Standar/POS) dalam mengimplementasikan 8 SNP.

Sekolah dapat merujuk pada dokumen mutu (Buku 1 s.d. buku 6) jika menemukan kesulitan dalam menjalankan Langkah esensial (POS) yang ada. Menggunakan dokumen mutu ini pula, pengawas, dinas Pendidikan, atau LPMP dapat membantu sekolah memperbaiki atau meningkatkan mutunya.

QA Model hadir untuk menumbuhkan budaya mutu sekolah dalam mengimplamentasikan 8 SNP.

Selain itu silahkan download materinya di Materi PPT dan silahkan download dokumen mutu (buku 1 -6) di 

Jika ada pertanyaan dalam mengaplikasikan QA model ini ke sekolah bapak ibu, silahkan tuliskan di komentar atau bisa langsung ke ult.lpmpjateng.go.id (Abi)

Tulisan ini dipublikasikan di Personal. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.