Apa Itu Audit Akhir?

Sebuah tulisan yang menarik dari Pakar Audit Mutu LPMP Jawa Tengah, Nuning Khadijatus Shalilah mengenai apa itu audit akhir, yang termuat di webiste LPMP Jawa Tengah dengan alamat https://lpmpjateng.go.id/apa-itu-audit-akhir/.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, di https://lpmpjateng.go.id/audit-akhir-2020/, LPMP Jawa Tengah akan melaksanakan kegiatan audit akhir Tahun 2020 di seluruh sekolah Provinsi Jawa Tengah.  Audit akhir ini merupakan salah satu tahapan kegiatan penjaminan mutu Pendidikan berbasis QA Model (Quality Assurance Model) yang telah dikembangkan oleh LPMP Jawa Tengah.

Sekilas Tentang Model QA

LPMP Jawa Tengah sebagai unit pelaksana teknis Kemdikbud, yang memiliki tugas dan fungsi pengembangan model penjaminan mutu pendidikan secara nasional, mengajukan sebuah ide pengembangan model penjaminan mutu pendidikan yang terkait erat dengan penggunaan, pengembangan dan pemanfaatan dokumen mutu bagi sekolah melalui langkah-langkah pelaksanaan sub-sub sistem penjaminan mutu yang memberi kemudahan bagi sekolah mengimplementasikan 8 SNP. Gagasan tersebut tertuang pada hasil pengembangan model Penjaminan Mutu Sekolah melalui POS implementasi 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP), yang disebut QA Model (Quality Assurance Model).

QA Model memberikan solusi yang sistematis dan komprehensif untuk dijadikan dasar bagi sekolah dalam mengelola 8 SNP dengan baik. Model ini memberikan panduan dalam melaksanakan penjaminan mutu sekolah sebagai upaya pemenuhan SNP melalui POS implementasi Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan dan Standar Pembiayaan. Model ini juga menciptakan budaya mutu di sekolah dan meningkatkan mutu layanan Pendidikan, serta membantu sekolah dalam mencapai nilai akreditasi yang maksimal dan valid.

Gambar 1. QA Model (Model Penjaminan Mutu Pendidikan) (Harmanto, 2018)

Audit Akhir

Rangkaian akhir pelaksanaan penjaminan mutu Pendidikan berbasis disebut QA Model (Quality Assurance Model) di sekolah adalah audit akhir. Audit akhir bertujuan untuk memberikan gambaran pencapaian SNP di sekolah setelah dilaksanakan pendampingan dan pengendalian mutu. Gambaran yang ditampilkan adalah seberapa baik sekolah dalam mengimplementasikan seluruh prosedur implementasi 8 SNP. Hasil audit akhir pada akhirnya menampilkan informasi dampak implementasi penjaminan mutu sekolah yang telah dilaksanakan.

Harapannya pendampingan dan pengendalian mutu yang telah dilaksanakan dapat memperbaiki mutu pendidikan di sekolah. Pelaksanaan audit akhir oleh tim auditor internal sekolah mencakup 4 langkah utama, yakni:1) Persiapan Audit, 2) Pelaksanaan Audit, 3) Pelaporan Audit, dan 4) Tindak Lanjut Audit. Langkah-langkah audit akhir sebagai berikut:

  1. Tim audit internal dan tim pengembang sekolah mengisi instrumen offline sesuai dengan kondisi sekolah yang sebenarnya dengan observasi, studi dokumen, wawancara dan metode lainnya. Instrumen audit akhir offline telah didistribusikan melalui surat resmi kepada Dinas Pendidikan di wilayah Provinsi Jawa Tengah.
  2. Tim audit internal mengupload hasil isian instrumen pada aplikasi yang telah disiapkan LPMP Jawa Tengah. Aplikasi audit akhir menggunakan aplikasi sederhana yaitu bantuan google forms, agar seluruh sekolah dapat dengan mudah mengakses aplikasi tersebut. Alamat google forms bisa didapatkan di laman berita https://lpmpjateng.go.id/audit-akhir-2020/.
  1. Tim audit internal mengunduh hasil audit mutu internal. Alamat unduh hasil audit akhir: https://hasilauditmutu.lpmpjateng.go.id/ pada waktu yang telah ditentukan LPMP Jawa Tengah.
  2. Tim audit internal menganalisis hasil audit dan menyusun rekomendasi pemenuhan atau peningkatan mutu berdasarkan hasil audit mutu akhir sebagai acuan dan bahan pendampingan tahun mendatang;
  3. Tim audit internal menyusun laporan audit;
  4. Hasil audit akhir digunakan sebagai dasar pelaksanaan penjaminan mutu Pendidikan di tahun mendatang.

Semoga penjaminan mutu yang dilaksanakan ini segera dapat mewujudkan pendidikan yang bermutu khususnya sekolah di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Tulisan ini dipublikasikan di Personal. Tandai permalink.

1 Response to Apa Itu Audit Akhir?

  1. Yatini berkata:

    Apakah hasil audit mutu akhir sudah bisa diunduh?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.