Membatasi Pemakaian Aplikasi Di Smartphone Oleh Anak

Dimasa pademi, di mana sekolah berubah dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh otomatis anak harus selalu berhubungan dengan smartphone untuk mengakses pembelajaran. Banyak pihak yang menyoroti pemakaian smartphone untuk pembelajaran karena disisi lain pemakaian smartphone yang tidak diawasi akan menimbulkan efek tidak baik bagi anak. Ketika anak bermain dengan smartphone perlu ada pengawasan. Karena bisa jadi mereka mengakses game atau aplikasi yang belum sesuai dengan usianya. Sebenarnya orang tua bisa mengontrol aplikasi apa saja yang boleh dijalankan dan berapa waktu yang diberikan kepada anak untuk menggunakan aplikasi tersebut dari smartphone orang tua. Dengan cara ini orang tua bisa mengontrol pemakaian aplikasi anak dengan bijak.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengontrol pemakaian smartphone android anak adalah menggunakan aplikasi buatan google yaitu Google Family Link. Menurut informasi yang tersedia di halaman google play Google Family Link adalah aplikasi kontrol orang tua Family Link gratis dari Google. Tidak masalah apakah anak-anak Anda masih kecil atau remaja, aplikasi Family Link memungkinkan Anda menetapkan aturan dasar penggunaan perangkat digital dari jarak jauh menggunakan perangkat Anda, untuk membantu memandu mereka saat belajar, bermain, dan menjelajah secara online. Untuk anak-anak yang berusia di bawah 13 tahun (atau persyaratan usia yang berlaku di negara Anda), Family Link juga memungkinkan Anda membuat Akun Google untuk anak Anda yang serupa dengan akun Anda, dengan akses ke sebagian besar layanan Google. Untuk tutorial pemasangan dan menyambungkan ke smartphone anak nya bisa di lihat melalui artikel di sini https://lpmp.net/index.php/2020/01/02/kontrol-hp-anak-dengan-google-family-link/.

Pada artikel kali ini hanya langkah untuk melimit pemakaian aplikasi di smartphone android. Setelah Google Family Link sudah terinstall baik

klik pada akun anak yang aplikasinya mau di limit.

klik pada tombol setel batasan.

pilih pada aplikasi yang mau di limit pemakaiannya. klik pada tombol waktu di kanan aplikasi. kemudian beri berapa waktu anak bisa mengakses aplikasi tersebut.

Setelah diberi waktu yang sesuai kebutuhan kemudian klik tombol setel. Setelah itu otomatis di smartphone anak aplikasi yang akan terkunci ketika waktu akses yang diberikan sudah habis.

Tampilan di smartphone anak ketika waktu akses yang diberikan sudah habis.

Demikianlah cara memberi waktu limit pemakaian aplikasi di smartphone anak. Penting bagi orangtua untuk menggunakan aplikasi ini untuk mengontrol waktu pemakaian dan aplikasi apa saja yang anak bisa akses di smartphone mereka. Beberapa aplikasi bisa di setting tidak terbatas pemakaiannya, misal aplikasi pembelajaran, beberapa aplikasi game di beri waktu akses terbatas untuk sekedar hiburan, beberapa aplikasi benar benar tidak boleh di akses. Masih banyak fungsi dari Google Family link yang bisa kita gunakan untuk mengontrol smartphone anak, bisa dibaca pada tutorial sebelumnya. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar di kolom komentar.

Tulisan ini dipublikasikan di Personal. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.