Membuat Halaman Pendaftaran dan Pembayaran Dengan Mudah Mengunakan Lynk.id

Saat ini, ada atau tidak ada pandemi covid-19, banyak kegiatan berubah dari tatap muka secara konvensional berubah menjadi secara daring karena dengan secara daring selain lebih efisien akan meringkas banyak sekali pengeluaran yang tidak perlu, seperti transportasi, akomodasi dan lainnya. Tetapi seringkali ketika kita membuat sebuah webinar atau pelatihan berbayar secara daring, penyelenggara akan kesulitan ketika akan membuat halaman pendaftaran, pembayaran, mengecek bukti pembayaran, menentukan calon peserta ini sudah membayar atau belum dan mengirimkan link zoom atau drive berisi materi bagi yang sudah membayar.

Tentu ada google form atau zoho form dan lainnya yang bisa kita gunakan secara mudah dan gratis untuk membuat halaman form pendaftaran, tetapi untuk pembayaran dan verifikasi tentu kita akan kesulitan karena harus manual cek satu persatu siapa yang sudah mendaftar dan membayar, kemudian setelah memastikan calon peserta membayar, kita baru mengirimkan link untuk mengikuti kegiatan tersebut. Tentu merepotkan.

Saat ini ada aplikasi terbaru dari link.id yang bisa kita gunakan untuk mengatasi itu, dengan lynk.id kita bisa membuat halaman pendaftaran sekaligus pembayaran atas kegiatan berbayar yang kita adakan. Metode pembayaran pun sudah canggih dan lengkap, menerima pembayaran berbagai macam dompet digital yang ada di indonesia seperti gopay, ovo dan dan tentu saja transfer bank. Lynk.id juga sudah mempunya halaman verifikasi sehingga kita tidak perlu repot untuk memverifikasi pembayaran secara manual. Bagi calon peserta kegiatan tentu memudahkan sekali untuk mendaftar dan membayar hanya melalui perangkat gawainya.

Link.id menurut halaman about di website mereke menuliskan

“Helping creators become an online entrepreneur

Lynk.id is an INSTANT micro-site that enables creator to sell digital products, meeting 1:1 with their audience, or asking for donation”

Mereka adalah sebuah perusahaan yang membantu kreator untuk menjadi pengusaha online. Link.id merupakan site mikro instan yang membuat kreator mampu untuk menjual produk, pertemuan 1:1 dengan audiensnya atau meminta donasi. Sejauh yang penulis lihat, tidak banyak keterangan dari websitenya mengenai siapa di belakang lynk.id tetapi bisa di lihat perusahaan tersebut berdomisili di Indonesia atau mempunyai badan hukum di indonesia dengan nama PT. LYNKID INDONESIA MAKMUR, notaris ENNY GUNAWAN, SH.,M.Kn nomor SK AHU-0003973.AH.01.01.TAHUN 2021. Dengan mereka yang sudah bisa bekerja sama dengan banyak dompet digital di indonesia tentu menjadikan kepercayaan terhadap aplikasi ini semakin meningkat.

Membuat Akun Lynk.id

Untuk mengakses aplikasi ini langsung menuju link.id,

langsung klik pada tombol Sign Up Free

kita hanya diminta mengisi alamat email, username yang juga nanti menjadi alamat link kita, password dan repeat password. kemudian klik sign up

selanjutnya masukan nama dan pilih bidang usaha

klik pada save detail.

ada banyak fasilitas yang bisa kita gunakan, untuk pembahasan kali ini bagaimana membuat halaman pendaftaran dan pembayaran kegiatan daring. klik pada tombol Event (Clubhouse).

Isilakan formulir yang ada, seperti contoh

masukan tanggal dan waktu mulai kegiatan,

harga bisa kita bikin tetap atau fleksibel jika sifatnya donasi

pengaturan harga dan harga jual, orang bebas mau membayar minimal harga, sedangkan harga jual adalah jumlah pembayaran yang disarankan.

Misalkan mau menambahkan pertanyaan bisa klik pada +Add Another Question. Bisa menggunakan tipe Short Answer atau Multiple Answer, kemudian aktifkan centang. Pilih tombol Call To Action yang diinginkan dari berbagai pilihan yang ada menyesuaikan dengan kebutuhan. Setelah itu Add Product. Halaman yang kita buat sudah jadi tinggal kita share alamat yang tadi kita masukan. Link.id/jateng

Merubah Tampilan Halaman

Setelah membuat sebuah event, ubah tampilan halaman kita, klik pada Appearance, rubah icon, tema dan tambahkan link media sosial kita.

klik pada Pick an Imgae, kemudian pilih foto dari komputer kita dan tekan tombol Crop and Submit.

Tuliskan mengenai diri kita di About You

selanjutnya masukan beberapa halaman media sosial, klik pada media sosial yang akan kita masukan, kemudian masukan alamatnya. Lengkapi dengan semua media sosial

Selanjutnya merubah tema, atau tampilan keseluruhan, pilih yang di suka dari template yang sudah ada.

Setelah semua sudah sesuai, link bisa di share secara bebas.

Cara Mendaftar Kegiatan Melalui Lynk.id

klik pada tombol pelatihan yang diinginkan

jika sudah  sesuai klik pada Book Now,

jika berupa donasi, maka kita diminta memasukan nilai yang akan kita bayar

setelah itu masukan email, nama, nomor telepon dan isian lainnya yang diperlukan

pilih metode pembayaran yang di inginkan

setelah memilih metode pembayaran  beri centang pada Agree to the Term of Use, setelah itu klik pada Book Now.

jika pembayaran menggunakan gopay, akan ada petunjuk bagaimana cara pembayarannya, ikuti langkah-langkah yang diberikan, begitu juga jika menggunakan metode pembayaran lainnya, akan ada petunjuk pembayaran. Jika sudah paham, klik pada bayar sekarang.
akan tampil QR Code pembayaran, gunakan gopay di aplikasi gojek untuk membayar.

setelah berhasil membayar melalui gopay, otomatis akan langsung terverifikasi di tampilan lynk.id.

simple, peserta bisa mendaftar dengan mudah sekaligus membayar dan terverifikasi pembayarannya, link untuk mengikuti kegiatan terkirim melalui email. Link tersebut bisa berisi link zoom, gmeet dan lainnya atau juga bisa berupa link google drive yang berisi materi, undangan dan sebagainya.

klik pada tombol yang tersedia atau bisa juga dengan mencopy paste link yang tersedia.

Managemen Pendaftaran Lynk.id

Setelah meluncurkan link pendaftaran, untuk melihat siapa yang sudah mendaftar dan terverifikasi pembayarannya bisa di lihat dari menu Order.

sudah terlihat data calon peserta, yang sudah membayar dan belum. Bisa juga data tersebut di download dalam bentuk excel.

untuk mengatur pembayaran ke kita atau Payout Setting, klik pada tombol segitiga disebelah gambar akun, pilih Payout Setting

ada 2 pilihan Payout yang bisa kita pilih, tarnsfer bank atau paypall, biaya jasa atau penggunaan metode pembayaran ini adalah 5%, masih cukup murah dan masuk akal dengan semua kemudahaan yang diberikan.

klik manage untuk memasukan akun bank kita, setelah itu centang metode yang diinginkan.

klik Save Change.

Sepertinya ada minimal jumlah dana untuk bisa transfer, perlu pertimbangan jika pendaftaran kurang dari minimal transfer, menunggu sampai dana tercukupi.

Penutup

Banyak hal yang bisa diambil alih dan dikerjakan secara otomatis menggunakan Lynk.id dalam managemen kegiatan atau event daring. Walaupun ada biaya yang dikenakan tapi masih masuk akal. Kemudahan pembayaran dan verifikasi pembayaran bagi calon peserta juga menjadi andalan ketika menggunakan produk ini. Notifikasi yang diperlukan juga terkirim secara otomatis ke alamat email sehingga memudahkan panitia dan peserta.

Jika ada pertanyaan, mari kita berdiskusi di kolom komentar.(Abi)

Tulisan ini dipublikasikan di Personal. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.