Kontrol HP Anak Dengan Google Family Link

Di revolusi industri 4.0 hampir semua tergantung dengan teknologi, untuk urusan makan tinggal pencet di gawai, untuk urusan jemput anak juga lewat gawai, untuk hiburan bagi anak-anak dan orang tuanya juga lewat gawai. Tidak hanya orang dewasa yang tergantung hidupnya oleh gawai, anak anak punya sejak kecil sudah terbiasa membawa gawai baik untuk hiburan maupun untuk keperluan sehari hari.

Di sisi yang lain penggunaan gawai berlebihan dan tampa pengawasan juga sangat berbaaya, banyak aplikasi dan tayangan yang tidak cocok di akses oleh anak anak, perlu adanya pembatasan dan pengawasan yang ketak oleh orang tua.

google menyediaan aplikasi yang bernama Google Family Link, ada 2 aplikasi yang berbeda sesuai kebutuhan. Google Family Link untuk orang tua untuk di instal di gawai orang tua dan Google Family Link untuk anak-anak & remaja untuk di install di gawai anak anak.

Menurut informasi yang tersedia di halaman google play Google Family Link adalah aplikasi kontrol orang tua Family Link gratis dari Google. Tidak masalah apakah anak-anak Anda masih kecil atau remaja, aplikasi Family Link memungkinkan Anda menetapkan aturan dasar penggunaan perangkat digital dari jarak jauh menggunakan perangkat Anda, untuk membantu memandu mereka saat belajar, bermain, dan menjelajah secara online. Untuk anak-anak yang berusia di bawah 13 tahun (atau persyaratan usia yang berlaku di negara Anda), Family Link juga memungkinkan Anda membuat Akun Google untuk anak Anda yang serupa dengan akun Anda, dengan akses ke sebagian besar layanan Google.

Dengan kontrol orang tua Family Link, Anda dapat:

Memandu mereka untuk mencari konten baik

• Lihat aktivitas aplikasi mereka – Waktu pemakaian perangkat tidak semuanya sama. Bantu anak Anda membuat keputusan yang tepat terkait kegiatan mereka di perangkat Android, dengan laporan aktivitas anak yang menunjukkan lamanya waktu yang mereka habiskan di aplikasi favorit. Anda dapat melihat laporan harian, mingguan, atau bulanan.
• Kelola aplikasi mereka – Pemberitahuan praktis memungkinkan Anda menyetujui atau memblokir aplikasi yang ingin didownload oleh anak Anda dari Google Play Store.
• Kelola pembelian: Anda juga dapat mengelola pembelian anak dalam aplikasi dan menyembunyikan aplikasi tertentu di perangkat mereka, semuanya dilakukan secara jarak jauh dari perangkat Anda.
• Penuhi keingintahuan mereka – Mengetahui aplikasi yang aman dan tepat bagi anak Anda tidaklah mudah. Family Link akan memperlihatkan aplikasi di Android yang direkomendasikan oleh pengajar, yang dapat Anda tambahkan langsung ke perangkat mereka.

Memantau waktu pemakaian perangkat anak

• Setel batasan – Andalah yang memutuskan lama waktu penggunaan perangkat yang tepat bagi anak Anda. Family Link memungkinkan Anda untuk setel waktu tidur dan setel batas waktu pemakaian perangkat yang diawasi, agar keseimbangan dapat tercapai.
• Kunci perangkat mereka – Entah saatnya bermain di luar, makan malam, atau berkumpul bersama, Anda dapat mengunci perangkat dengan kunci jarak jauh kapan pun waktunya beristirahat.

Melihat lokasi perangkat anak

• Anda mungkin sangat terbantu jika dapat mengetahui lokasi anak saat mereka tidak berada di rumah. Anda dapat menggunakan Family Link untuk mencari lokasi perangkat mereka melalui perangkat Android yang mereka bawa.

Informasi Penting

• Fitur Family Link dapat bervariasi tergantung pada perangkat anak Anda. Lihat daftar perangkat yang kompatibel di families.google.com/familylink/setup
• Meskipun Family Link membantu mengelola pembelian dan download yang dilakukan anak Anda dari Google Play, mereka tidak memerlukan persetujuan untuk menginstal update aplikasi (termasuk update yang memperluas izin), aplikasi yang sebelumnya telah Anda setujui, atau aplikasi yang telah dibagikan di Koleksi Keluarga. Orang tua perlu meninjau secara berkala aplikasi yang diinstal anak mereka dan izin aplikasi di Family Link.
• Anda perlu meninjau baik-baik aplikasi di perangkat anak Anda dan menonaktifkan aplikasi yang tidak boleh mereka gunakan. Perlu diperhatikan bahwa Anda mungkin tidak dapat menonaktifkan beberapa aplikasi preinstal.
• Guna melihat lokasi anak-anak atau lokasi remaja, perangkat harus dinyalakan, baru-baru ini aktif, dan tersambung ke internet.
• Aplikasi yang direkomendasikan oleh pengajar hanya tersedia pada perangkat Android di AS, diperuntukkan bagi orang tua yang memiliki anak-anak berusia tertentu.
• Meskipun Family Link menyediakan fitur untuk mengelola pengalaman online anak Anda, aplikasi itu tidak membuat internet aman. Namun, aplikasi tersebut dimaksudkan agar orang tua memiliki pilihan tentang cara anak mereka menggunakan internet dan mendorong diskusi mengenai penggunaan internet.

Langkah Langkah Instalasi

  1. Gawai mlik orang tua dan anak anak harus di intall dan di setting berbarengan.
  2. install aplikasi
    1. Google Family Link untuk anak-anak & remaja di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.kids.familylinkhelper&hl=in
    2. Google Family Link untuk orang tua di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.kids.familylink&hl=in
  3. Setelah selesai installasi buka aplikasi Google Family Link untuk orang tua mulailah menambahkan
  4. Video Tutorialnya
Instalasi Google Family Link
Pengelolaan Aplikasi
Tulisan ini dipublikasikan di Personal. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.